Kamis, 08 Agustus 2019

Tingkatkan Engagement Konsumen E-Commerce Dengan E-Mail Marketing

Related image

Lakukan promo dengan online buat satu perusahaan e-commerce telah jadi satu kewajiban. Sekarang, promo banyak dikerjakan lewat iklan-iklan yang dipasang di sosial media atau web. Tetapi, seringkali promo itu kurang efisien karena cuma selintas disaksikan oleh customer serta punya potensi dipandang seperti spam. Sebenarnya, pemakaian e-mail marketing masih lebih menarik customer e-commerce.

Berdasar hasil analisa niagahoster.co.id, e-mail marketing masih jadi fasilitas paling efisien yang dapat dipakai oleh beberapa type industri, terhitung e-commerce. Pemakaian e-mail marketing di rasa dapat menarik customer di ruang yang paling personal, yaitu kotak masuk e-mail, hingga customer bisa lihat keterangan produk atau promo yang ditawarkan dengan jelas serta lebih komplet.

Lewat e-mail marketing perusahaan bisa lakukan konsumen engagement (keterkaitan customer). The Marketing Science Instititute mendeskripsikan konsumen engagement jadi aktualisasi tingkah laku konsumen setia pada merk (perusahaan) di luar kegiatan pembelian yang dibuat dari motivasi individu konsumen setia seperti word of mouth, referensi, hubungan antarkonsumen, blogging, menulis ulasan, serta kegiatan lain yang semacam.

Oleh karenanya, kegiatan promo memakai e-mail marketing bisa membuat pengalaman yang lebih dekat pada konsumen setia hingga mereka bisa memberikan penjelasan (masukan) yang baik buat perusahaan.

Efektivitas e-mail marketing yang masih tinggi jadi media promo bisa digunakan dengan optimal. Tersebut fakta e-mail marketing lebih efisien digunakan dalam tingkatkan engagement konsumen setia dibanding fasilitas promo yang lain.

Tidak butuh ongkos besar
Menurut analisa yang dikerjakan oleh Direct Marketing Association (DMA), investasi yang dikeluarkan untuk bikin e-mail marketing tak perlu dalam jumlahnya besar, tapi revenue atau Return of Investment (ROI) yang dibuat bisa bertambah semakin banyak, yaitu 3800 % semakin besar dari investasi itu.

Cukup hanya membuat content berisi perincian produk atau layanan dalam skema digital yang menarik, karena itu customer akan punya potensi beli produk atau layanan itu.

Promo yang dikerjakan dalam e-mail marketing dengan beberapa konten yang kreatif semakin lebih menarik konsumen setia serta memberikan semangat untuk memberi masukan atau ulasan pada produk untuk tingkatkan kekuatan pembelian kembali (re-purchase).

Tersambung ke beberapa sosial media 
Hasil analisa McKinsey and Company seperti dikutip Niagahoster memvisualisasikan e-mail marketing 40 kali lebih efisien menjaring customer dibanding Facebook serta Twiter. Efektivitas ini terkait dengan pengiriman beberapa konten promo pada e-mail, yaitu ruang paling personal buat customer.

Sebetulnya e-mail marketing membuat taktik pemasaran lebih efektif, karena promo yang dikerjakan akan automatis terpadu ke sosial media punya customer. Cukup dengan buka e-mail pribadi, customer langsung dapat terhubung link yang ditempatkan ke sosial media atau web perusahaan. Customer punya potensi menebarkan promo yang ditawarkan itu ke sosial media punya pribadi atau teman-temannya. Perihal ini pula yang membuat jangkauan e-mail marketing dapat lebih luas.

Tingkat kesadaran customer pada merk atau merek awareness akan bertambah lewat e-mail marketing ini. Lewat content kreatif yang disiarkan di web serta diantar dengan cara langsung berbentuk link pada customer, nilai merek akan bertambah serta memperoleh perhatian spesial dari konsumen setia.

Personalisasi 
Seperti yang sudah diterangkan, e-mail marketing berkekuatan pada personalisasi customer, yaitu mencapai ranah paling pribadi di e-mail. Karakter e-mail marketing ini akan memancing perhatian yang semakin besar dari customer untuk memberi keyakinan (trust) serta kesetiaan dalam satu produk atau layanan.

Personalisasi sangat mungkin perusahaan berkomunikasi langsung dengan customer sampai tingkatkan engagement. Satu diantara langkah “akrab” lewat personalisasi ini dengan menyebutkan nama pada e-mail yang diantar pada customer. Personalisasi ini penting supaya calon konsumen setia merasakan nyaman terima e-mail dari perusahaan. Bila konsumen setia telah merasakan nyaman, karena itu perusahaan dapat lebih gampang untuk tawarkan produk atau layanan lewat e-mail itu.

Beberapa point bahasan ini sama-sama terkait, intinya pada permasalahan personalisasi, sebab pokok dari e-mail marketing ialah bagaimana perusahaan menerangkan dengan detil mengenai produk atau layanan yang ditawarkan sesuai keperluan customer.

Klasifikasi sasaran konsumen setia yang pasti 
E-mail marketing otomatis dapat membidik type customer sebagai target penjualan. Bila sasaran marketing yang diaplikasikan cukup sudah detil, karena itu tanggapan serta hasil yang didapatkan perusahaan akan makin baik. Dengan e-mail marketing perusahaan bisa mengendalikan daftar penerima berdasar demografik, zone waktu, status, dan lain-lain.

Waktu perusahaan sudah membuat skema e-mail marketing yang pasti berdasar type customer, hasil pemasaran bisa diukur dengan jelas juga, yaitu dengan membaca hasil analisa yang sudah dipertunjukkan. Dalam membuat e-mail marketing, yang di dalamnya ada e-mail blast, karena itu semua komponen yang dimasukkan bisa diukur serta dipandang sendiri.

Menurut progresstech.co.id, database yang dapat dipakai untuk membuat kembali e-mail blast yang lebih efisien bisa diukur memakai matrik serta analitik, seperti click-to-deliver, tingkat retensi subscriber, info demografik atau zone waktu penerima e-mail, dan lain-lain. Bila melihat point personalisasi, ini jadi faktor sangat penting waktu memakai perhitungan matrik serta analitik. Perusahaan bisa mencari penjualan berdasar user engagement. Bahkan juga, info dari matrik sangat mungkin perusahaan untuk mengukur jasa kampanye online e-mail blast mana yang mengakibatkan penurunan atau penambahan berlangganan (subscription).

Tidak ada kelirunya mengerti beberapa poin di atas, karena Kamu bisa menunjukkan faedah e-mail marketing dalam menarik customer dengan efisien. Jadi, yuk pakai e-mail marketing untuk usaha Kamu yang lebih baik!

0 komentar:

Posting Komentar