Senin, 31 Juli 2017

Cara Membuat Pasir Ajaib Anti Air


Percobaan Sains : Cara Membuat Pasir Ajaib Anti Air
Pasir Sihir atau pasir anti air atau yang di luar negeri disebut dengan hydrophobic sand (pasir hidrofobik) atau Magic Sand yaitu mainan yang terbuat dari pasir yang dilapis dengan senyawa hidrofobik. Ada senyawa hidrofobik ini mengakibatkan butiran pasir itu menempel keduanya dan bentuk silinder (untuk meminimalisir luas permukaan) apabila terkena air. Ketika pasir di ambil dari air, betul-betul kering dan bebas bergerak tanpa lengket dengan air, pasir sihir dikenal juga jadi Aqua Sand.

Trimethylsilanol 
cara membuat slime Pasir ini di buat dari pasir pantai umum, yang diisi partikel-partikel kecil dari silika murni, dan disemprot atau di lapisi dengan uap trimethylsilanol (CH3) 3SiOH, yakni senyawa organosilikon. Setelah pemberian senyawa ini, senyawa trimethylsilane berikatan dengan partikel silika ketika masuk ke air. Hingga bagian luar dari butiran pasir dilapis dengan grup hidrofobik.

Pasir sihir awal mulanya diperkembang untuk perangkap tumpahan minyak di laut dekat pantai. Hal semacam ini akan dilakukan dengan menaburkan pasir sihir pada susunan minyak bumi yang mengambang, yang lalu akan bercampur dengan minyak dan membuatnya cukup berat untuk terbenam. Karena biaya produksi, langkah tersebut tidak dipakai sekali lagi untuk maksud ini. Hal semacam ini juga sudah ditest oleh perusahaan utilitas di daerah Kutub Utara jadi basic untuk persimpangan jalan raya, karena pasir ini tidak sempat membeku. Pasir ini juga dapat dipakai jadi media aerasi untuk tanaman pot.

cara membuat slime tanpa lem atau Pasir sihir di buat dengan beragam warna, warna biru, hijau, atau merah namun akan terlihat keperakan ketika di dalam air, hal semacam ini karena ikatan hidrogen pada molekul air mengakibatkan air membuat gelembung di sekitar pasir, hingga mengakibatkan ada susunan udara yang terjadi di sekitar pasir, membuatnya tidak bisa basah. Dan berikut ini yaitu animasi komplitnya

Rujukan paling awal untuk pasir tahan air yaitu di 1915 buku 'The Boy Mechanic Book 2' yang diterbitkan oleh Popular Mechanics. Awal mulanya pasir tahan air di ciptakan oleh penyihir India Timur. Pasir waktu di buat dengan mencampurkan pasir dipanaskan dengan lilin meleleh. lilin akan mengusir air ketika pasir terserang air.

0 komentar:

Posting Komentar